3. Resiko Investasi di sektor Riil

Bicara soal investor di bidang pertanian yang jumlahnya masih belum banyak, tentu pertimbangan utamanya berkaitan dengan tingkat risiko. Dibilang, investasi di sektor pertanian kurang menarik karena risikonya besar. Ah masa iya sih? Padahal semua bentuk investasi kan pasti punya risiko. Tidak terbatas hanya pada investasi di sektor pertanian. Namun, hal ini terkadang masih sering membuat galau. Dari pada galau terus, yuk simak sebenarnya apa saja risiko yang kamu takutkan itu? Dan apakah dampaknya akan sebegitu besar sehingga hanya akan membuat rugi? Ayo simak pembahasan EMSI  berikut ini!   

Menilik kesejahteraan petani, pekebun dan peternak  yang bikin kurang yakin dalam memegang dana investasi

40 juta penduduk Indonesia berprofesi sebagai petani, namun sebanyak 50% berada di bawah garis kemiskinan. Kondisi ini memang sangat memprihatinkan. Mengingat akibat dari kondisi tersebut, membuat investor jadi kurang minat untuk memodali mereka. Ada saja pikiran negatif yang lebih dulu muncul. Petani yang tidak memiliki jaminan karena kondisi kehidupannya, tidak dipercaya, membuat mereka semakin terpuruk.

Bagaimana tidak? Hanya rentenir yang mau memberi permodalan ke petani, namun rentenir juga tidak mampu mengangkat tingkat kesejahteraan mereka. Bahkan membuat petani semakin terlilit hutang berbunga besar.

Tapi kalau tidak ada yang memulai untuk percaya saja dulu deh sama petani, jaminan akan ketahanan pangan nasional pun juga tidak ada. Toh, hanya petani yang berperan sebagai tulang punggung pertanian Indonesia. Oleh karenanya, kita  harus percaya kalau mereka juga bisa bertanggung jawab pada dana investasimu.

Pertanian yang sangat bergantung dengan alam memberi ketidakpastian

Ini lagi risiko lain yang membuat kamu sudah dag dig dug dulu sebelum memutuskan akan berinvestasi di sektor pertanian. Memang benar, kalau kegiatan bercocok tanam sangat bergantung dengan kondisi cuaca. Namanya juga petani beraktivitas di alam dengan memanfaatkan alam. Tapi diam-diam, alam juga suka loh kalau terus dilestarikan. Dan kegiatan bertani adalah salah satu bentuknya. Pertanian dapat menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Lagipula petani Indonesia sudah pada jago membaca kondisi iklim di tanah air. Beragam rencana cadangan telah dipersiapkan untuk mengantisipasi kondisi alam yang tidak menentu. Juga sekarang sudah banyak petani yang menggunakan sistem pertanian hidroponik di lahan terbatas. Jadi bebas khawatir terhadap climate change.   

Hasil produksi pertanian mudah rusak dengan harga jual yang tidak stabil

Bukan katanya lagi, kalau hasil produksi tani tidak tahan lama. Cepat busuk atau mudah rusak dalam perjalanannya sampai ke tangan konsumen. Oleh karenanya, pemerintah turut mendukung pemotongan jalur distribusi dari tangan petani ke konsumen. Dari yang sebelumnya ada 8 tahapan menjadi hanya 3 tahap. Tujuannya, untuk menjaga kualitas hasil panen agar petani tidak merugi. Selain itu, untuk dapat menjaga harga beli dari petani tetap wajar, dan konsumen yang membelinya juga dapat harga murah.

Pertanian yang menjadi sektor primer dalam perekonomian Indonesia, juga memiliki peran nyata sebagai penghasil devisa negara melalui ekspor. Oleh karenanya, petani kita saat ini juga sudah sangat peduli dengan standar kualitas ekspor pada komoditas yang dihasilkannya. Karena dengan aktif melakukan ekspor, harga produksi tani mereka akan jadi lebih stabil.

Sekarang bagaimana dengan kamu?

Yang namanya risiko investasi memang tidak bisa dihilangkan, karena pasti ada saja. Kamu kan tidak mungkin dapat profitnya saja tanpa terima satu paket dengan risikonya. Hanya saja risiko ada tingkatannya. Kalau masih masuk dalam skala wajar sih, jangan dibuat bimbang. Justru kebimbangan itu yang buat kamu tambah rugi.

Siap untuk melakukan investasi demi masa depan kita semua? Lihat bagaimana EMSI  memberikan pencerahan dan pemahaman kita semua terkait inflasi yang mengincar kita setiap waktu.

Contoh Widget

Ini adalah contoh widget untuk menunjukkan bagaimana sidebar Kiri tampil. Anda dapat menambahkan widget kustom dari layar widget. Jika widget kustom ditambahkan makan yang ini akan ditimpa.